Tautan-tautan Akses

Sponsor-Sponsor Utama FIFA Tuntut Blatter Turun


Presiden FIFA Sepp Blatter (Foto: dok).

Presiden FIFA Sepp Blatter (Foto: dok).

Dalam pernyataan yang dikeluarkan satu minggu setelah proses penyelidikan pidana terhadap Blatter di Swiss, Coca-Cola, McDonald’s, Visa dan Budwiser meminta pria berusia 79 tahun itu turun dari jabatannya.

Para sponsor utama FIFA bergabung untuk menuntut agar presiden FIFA Sepp Blatter segera meletakkan jabatan, yang merupakan pukulan baru bagi pimpinan perhimpunan sepakbola dunia yang tercemar skandal itu, biarpun ketika ia menyatakan tekad untuk tetap bercokol pada kekuasaan.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan satu minggu setelah proses penyelidikan pidana terhadap Blatter diluncurkan di Swiss, Coca-Cola, McDonald’s, Visa dan Budwiser meminta pria berusia 79 tahun itu turun dari jabatannya.

Ini merupakan pertama kalinya para pendukung kuat keuangan FIFA – yang bersama-sama telah memompa ratusan juta dolar ke dalam kas organisasi itu melalui kontrak berjangka waktu puluhan tahun – menyerukan dengan tegas agar Blatter meletakkan jabatan.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan pengacara Amerikanya sebagai reaksi atas tuntutan sponsor itu, Blatter dengan membangkang bertekad untuk tetap memegang jabatan.

Tetapi para sponsor yang berbasis di Amerika itu mengatakan sikap Blatter sekarang tidak dapat dipertahankan mengingat skandal korupsi yang telah menjerumuskan sepakbola dunia ke dalam krisis yang paling buruk dalam sejarah.

“Demi kebaikan sepakbola, perusahaan Coca-Cola menyerukan agar presiden FIFA Joseph Blatter meletakkan jabatan segera supaya proses reformasi yang dapat bertahan dan layak dipercaya dapat dimulai dengan sungguh-sungguh,” kata raksasa minuman ringan itu.

“Setiap hari yang berlalu, citra dan nama-baik FIFA terus tercemar. FIFA membutuhkan reformasi menyeluruh yang mendesak, dan itu hanya dapat dicapai melalui pendekatan yang benar-benar independen.”

Perusahaan-perusahaan McDonald, Visa, Ahheuser-Busch juga mengeluarkan pernyataan yang senada dengan Coca-Cola.

Belum jelas apakah sponsor utama FIFA yang berbasis di luar Amerika, seperti Hyundai, Adidas dan Gazprom akan mengikutinya. [gp]

XS
SM
MD
LG