Tautan-tautan Akses

Spesies Pakis Baru Diberi Nama Lady Gaga


Lady Gaga (kiri) dengan kostum 'gametophyte' pada Grammy Awards 2012 (foto: dok). Botanis di Universitas Duke menamai spesies pakis baru dengan nama 'Lady Gaga'.

Lady Gaga (kiri) dengan kostum 'gametophyte' pada Grammy Awards 2012 (foto: dok). Botanis di Universitas Duke menamai spesies pakis baru dengan nama 'Lady Gaga'.

Jenis pakis itu diberi nama Lady Gaga untuk menghargai “pembelaan Lady Gaga yang berapi-api atas kesetaraan dan kebebasan berekspresi individu”.

Nama Lady Gaga, bintang musik pop telah diberikan untuk sekelompok jenis tanaman pakis oleh tim ahli biologi Universitas Duke, di negara bagian North Caroline, AS.

Kelompok tanaman Gaga itu ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan, Meksiko dan negara bagian Arizona serta Texas mencakup 19 spesies yang berbeda.

Profesor biologi Universitas Duke Kathleen Pryer mengatakan tim itu memutuskan untuk menamakan jenis pakis itu Lady Gaga “karena pembelaannya yang berapi-api atas kesetaraan dan kebebasan ekspresi individu”. Tapi Pryer menambahkan keputusan itu juga dipengaruhi oleh kemiripan fisik antara tanaman tersebut dengan bintang pop itu.

Pada Grammy Awards tahun 2010, Lady Gaga menggunakan kostum bahunya berbentuk jantung besar menyerupai organisme reproduksi yang secara berkala diproduksi oleh pakis biseksual.

Sewaktu tim Pryer memindai DNA pakis itu mereka mendapati ciri khas, pola nucleotides guanine dan adenine berulang-ulang yang kalau disingkat menjadi G-A-GA seperti nama penyanyi itu.

Ilmuwan Universitas Duke itu menyimpulkan tanaman itu penggemar Lady Gaga dan sering memutar musiknya sewaktu bekerja di laboratorium mereka.

XS
SM
MD
LG