Tautan-tautan Akses

Spanyol Ukir Sejarah, Maju ke Final Piala Dunia


Carles Puyol (posisi merangkak di lapangan) setelah memasukkan gol kemenangan Spanyol melalui sundulan kepala.

Carles Puyol (posisi merangkak di lapangan) setelah memasukkan gol kemenangan Spanyol melalui sundulan kepala.

Tim “Matador” Spanyol menyingkirkan Tim “Panzer” Jerman 1-0 dalam pertandingan semifinal Piala Dunia hari Rabu di Durban.

Tim “Matador” Spanyol mengukir sejarah melaju ke babak final Piala Dunia untuk pertama kalinya setelah menyingkirkan Tim “Panzer” Jerman 1-0 dalam pertandingan semifinal hari Rabu di Durban.

Walaupun Spanyol mendominasi permainan di babak pertama, kedua tim bermain imbang tanpa gol hingga turun minum. Satu-satunya gol kemenangan Spanyol dicetak lewat sundulan kepala pemain klub Barcelona, Carles Puyol yang memanfaatkan umpan tendangan sudut oleh rekan satu klubnya, Xavi pada menit 73.

Kemasukan satu gol, juara Piala Dunia tiga kali Jerman berusaha membalas tapi upaya mereka berhasil dipatahkan barisan pertahanan Spanyol.

Dengan kemenangan ini, Spanyol akan menghadapi Belanda dalam final hari Minggu di Stadion Soccer City, Johannesburg. Kedua tim itu belum pernah memenangkan Piala Dunia. Sedangkan partai perebutan tempat ketiga akan berlangsung antara Jerman dan Uruguay hari Sabtu di Port Elizabeth.

Kemenangan Spanyol ini juga membuktikan tepatnya ramalan "Paul the Psychic Octopus" atau Paul si Gurita Peramal, yang dengan tepat meramalkan kekalahan Jerman sehari sebelumnya, pada hari Selasa. Paul, gurita yang tinggal di sebuah aquarium satwa laut di Oberhausen, Jerman telah meramalkan dengan tepat siapa pemenang dari enam pertandingan yang dilakukan Jerman dalam Piala Dunia 2010, dari babak penyisihan hingga ke babak semifinal.

XS
SM
MD
LG