Tautan-tautan Akses

Spanyol Tangkap 7 Tersangka Anggota Kelompok Separatis Basque


Anggota kelompok separatis Basque, (ETA) di Spanyol.

Anggota kelompok separatis Basque, (ETA) di Spanyol.

Para tersangka yang ditahan adalah bagian dari sebuah kelompok yang menyebarkan pesan-pesan kelompok ETA di Amerika Latin dan Eropa.

Pihak kepolisian Spanyol mengatakan telah menangkap tujuh tersangka anggota kelompok separatis Basque yang bersenjata (ETA). Menurut para pejabat, para tersangka yang ditahan Selasa ini adalah bagian dari sebuah kelompok yang menyebarkan pesan-pesan ETA di Amerika Latin dan Eropa.

Penangkapan dilakukan setelah dua anggota ETA yang tidak diketahui identitas mereka memberitahu sebuah surat kabar pro-kemerdekaan Basque, bahwa kelompok tersebut siap menjadikan tawaran gencatan senjata mereka yang terbaru, sebagai gencatan senjata yang permanen.

Pemerintah Spanyol telah menolak pengumuman-pengumuman gencatan senjata sebelumnya dari kelompok itu. Dikatakan, proposal pada tanggal 5 September lalu adalah siasat untuk mengambil waktu, memperkuat diri dan mempersenjatai diri setelah mengalami kemunduran dalam bulan-bulan belakangan ini.

ETA dipersalahkan telah menewaskan 830 orang dalam kampanye pro-kemerdekaan yang telah berlangsung selama empat dasawarsa. Mereka ingin mendirikan negara sendiri di Spanyol dan Prancis tenggara. AS dan UE memasukkan ETA ke dalam daftar organisasi teroris.

XS
SM
MD
LG