Tautan-tautan Akses

Spanyol Tak akan Remehkan Swiss

  • Arif Budiman

Spanyol merupakan salah satu kekuatan sepak bola dunia, tapi belum pernah menjuarai Piala Dunia.

Penjaga gawang timnas Spanyol Iker Casillas memperingatkan timnya agar tidak meremehkan Swiss yang mereka hadapi Rabu ini dalam laga pembukaan grup H.

Casillas mengatakan tidak ada lawan ringan dan apapun bisa terjadi. Swiss bisa saja menyulitkan Spanyol, seperti Paraguay yang mampu memaksa Italia bermain imbang, atau Jepang yang mengalahkan Kamerun.

Pemain berusia 29 tahun itu menyadari predikat Spanyol sebagai favorit juara, membuat calon lawan mereka mengerahkan seluruh tenaga untuk mengalahkan tim 'Matador.'

Spanyol menjuarai Piala Eropa 2008 dibawah asuhan pelatih Luis Aragones. Kini tim Matador ini diasuh pelatih Vicente Del Bosque.

Spanyol merupakan salah satu kekuatan sepak bola dunia, tapi belum pernah menjuarai Piala Dunia. Casillas menyadari menjadi juara Piala Dunia tidak mudah dan berjanji berjuang sepenuhnya untuk merengkuh target ini.

Setelah bertemu Swiss, Spanyol akan menantang Honduras di stadion Ellis Park, Johannesburg pada hari Senin. Lawan terakhir mereka di grup H adalah Chili yang akan mereka hadapi Jumat di stadion Tshwane, Pretoria.

Brazil Susah Payah Kalahkan Korut 2-1

Sementara itu itu, dari laga pada hari Selasa, Brazil memerlukan waktu 60 menit untuk mencetak gol pertamanya di Piala Dunia 2010. Juara Piala Dunia itu berhasil mengalahkan Korea Utara 2-1 di pertandingan pembukaan Grup G.

Korea Utara dianggap tim paling lemah di Grup G karena keberadaan Spanyol. Namun, bermain untuk pertamakalinya di Piala Dunia sejak 1966, Korea Utara mampu membuat para pemain Brazil kesulitan.

Membuka kenangan pada kemegahan mereka pada 1966 saat maju ke perempat final, termasuk mengalahkan Italia, Korea Utara menahan permainan tim Samba Brazil hingga babak kedua.

Gol yang tercipta, dianggap sebagai gol tercantik di Afrika Selatan hingga saat ini, dilahirkan bek Maicon Sisenando yang menusuk dari sudut sulit, ketika memecah kebuntuan gol timnya.

Blumer Elano mencetak gol kedua dan kelihatan pertandingan sudah akan berakhir, tetapi Korea Utara dengan sigap mempertipis kekalahan mereka menjelang akhir permainan.

Tim Korea Utara yang berperingkat 105 dalam ranking FIFA, paling rendah dalam turnamen ini, mendapat sambutan hangat dari penonton mereka, yang hanya segelintir.

Ronaldo, Drogba Tumpul

Dalam laga lainnya, dua pemain terkenal dunia, Cristiano Ronaldo dan Didier Drogba, yang tampil untuk pertama kalinya pada hari kelima turnamen itu, bermain kurang memuaskan. Keduanya tidak menciptakan gol ketika Portugal bermain imbang 0-0 melawan Pantai Gading.

Hasil imbang juga diperoleh dalam laga tim "underdog" Selandia Baru melawan Slovakia. Keduanya sama-sama mendapatkan angka pertama di Piala Dunia, setelah pertandingan berakhir 1-1.

Setelah 14 pertandingan berlangsung, jala gawang Piala Dunia sejauh ini hanya bergetar 23 kali, rata-rata 1,63 per pertandingan, di bawah angka rata-rata 2,30 yang terjadi di Jerman pada 2006 dan sebagai rata-rata tertinggi dibanding lainnya.

<!--[endif]-->
XS
SM
MD
LG