Tautan-tautan Akses

Spanyol Selenggarakan Pemilihan Legislatif


Seorang pria memberikan suaranya di Madrid, Minggu, 20 Desember 2015.

Seorang pria memberikan suaranya di Madrid, Minggu, 20 Desember 2015.

Para pemilih di Spanyol hari Minggu (20/12) memberikan suara untuk pemilihan legislatif yang menurut sebagian analis mungkin “bersejarah.”

Dua partai politik baru, partai tengah Ciudadanos (Warganegara) dan partai antipenghematan Podemos, siap menghadapi partai-partai utama yang telah lama berdiri: Sosialis, dan Partai Rakyat (PP) pimpinan Perdana Menteri Mariano Rajoy yang berhaluan konservatif.

Para analis memprediksi PP akan meraih banyak suara, tetapi bukan mayoritas mutlak, sehingga memaksa partai berkuasa ini untuk membentuk aliansi.

Suara di antara tiga partai selebihnya diperkirakan akan terbagi rata, membuat partai-partai baru memiliki pengaruh di arena politik Spanyol.

“Fakta bahwa pergeseran besar akan mengguncang sistem politik Spanyol terlihat dari partisipasi yang diperkirakan mencapai 80 persen, dibandingkan dengan pada pemilihan 2011 yang partisipasinya 69 persen,” kata analis di UniCredit.

Ekonomi Spanyol diperkirakan akan tumbuh 3 persen tahun ini, membuat iri banyak negara-negara tetangganya di Eropa. Tetapi Spanyol masih dibayang-bayangi oleh tingginya tingkat pengangguran dan ketimpangan yang menyolok. [uh]

XS
SM
MD
LG