Tautan-tautan Akses

Spanyol: Golongan Konservatif Ambil Langkah Persulit Aborsi


PM Spanyol Mariano Rajoy dalam debat nasional di parlemen Spaniel di Madrid, Spanyol, 24 Februari 2015 (Foto: dok).

PM Spanyol Mariano Rajoy dalam debat nasional di parlemen Spaniel di Madrid, Spanyol, 24 Februari 2015 (Foto: dok).

Parlemen Spanyol mengambil langkah yang kian mempersulit prosedur aborsi dengan menerima usul untuk diperdebatkan, sebuah proposal dari Partai Rakyat yang konservatif.

Proposal tersebut mewajibkan kembali remaja umur 16 dan 17 tahun memperoleh izin orangtua sebelum menjalani aborsi. Partai Rakyat memanfaatkan mayoritas telaknya dalam mendorong proposal mereka agar diterima, pada hari Selasa, sementara kebanyakan partai-partai oposisi memberi suara menentang.

Dalam satu kekhilafan yang memalukan, pemimpin Partai Sosialis yang beroposisi, Pedro Sanchez, memberi suara setuju tanpa disengaja.

September lalu, pemerintah membatalkan sebuah rancangan yang banyak dikecam untuk memberlakukan kembali undang-undang aborsi Partai Sosialis tahun2010, yang mengizinkanaborsi tanpa pembatasan pada kehamilan 14 minggu pertama, dengan alasan tidak ada konsensus bagi satu perubahan.

Tetapi, pemerintah bertekad akan mengusahakan pemulihan kembali kewajiban memperoleh izin orangtua bagi remaja usia 16 dan 17 tahun. Usulan perubahan itu mungkin akan disahkan bulan Juni mendatang.

XS
SM
MD
LG