Tautan-tautan Akses

Spanyol Bantah Butuh Dana Talangan Internasional


Menteri ekonomi Spanyol, Luis de Guindos berbicara kepada media sebelum melakukan pertemuan dengan parlemen Spanyol di Madrid (23/7).

Menteri ekonomi Spanyol, Luis de Guindos berbicara kepada media sebelum melakukan pertemuan dengan parlemen Spanyol di Madrid (23/7).

Pemerintah Spanyol yang dililit utang membantah negara itu akan membutuhkan dana talangan internasional, namun biaya pinjaman negara itu meroket.

Menteri ekonomi Spanyol, Luis de Guindos, hari Minggu membantah kemungkinan bahwa Madrid akan membutuhkan bantuan dari tetangga-tetangganya di zona mata uang Euro yang beranggotakan 17 negara.

Namun tingkat suku bunga obligasi pemerintah Spanyol terdorong mendekati 7,5 persen, di atas tingkat suku bunga negara-negara yang membutuhkan penyelamatan internasional – seperti Yunani, Irlandia dan Portugal – yang kini mencapai 7 persen. Pasar saham Spanyol menurun tajam pada hari kedua perdagangan secara berturutan.

De Guindos mengatakan pasar-pasar finansial bereaksi berlebihan terhadap situasi buruk keuangan Spanyol. Namun, Spanyol dihadapkan pada pengangguran yang tinggi, kontraksi ekonomi dan tuntutan-tuntutan baru wilayah-wilayah otonomi akan bantuan pemerintah pusat.

Eropa telah setuju untuk mengalokasikan 122 miliar dolar untuk membantu sistem perbankan yang mengalami tekanan finansial di negara itu.
XS
SM
MD
LG