Tautan-tautan Akses

SpaceX Lakukan Upaya Pendaratan Roket di Laut


Roket Falcon 9 SpaceX lepas landas dari Pangkalan Angkatan Udara Cape Canaveral, Florida (10/1).

Roket Falcon 9 SpaceX lepas landas dari Pangkalan Angkatan Udara Cape Canaveral, Florida (10/1).

Pemimpin SpaceX , perusahaan berbasis di California, miliarder Elon Musk, lewat Twitter melaporkan bahwa sekitar satu jam setelah lepas landas roket pendorong (booster) tidak berhasil mendarat dengan mulus.

Sebuah roket pendorong SpaceX tak berawak hari Sabtu (10/1) mendorong sebuah kapsul kargo berisi 2.300 kilogram makanan, bahan-bahan percobaan dan barang-barang lainnya ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Sementara kapsul kargo itu terus melejit menuju ISS, booster atau roket pendorongnya gagal mendarat tegak lurus di atas sebuah anjungan di Samudera Atlantik. Kegagalan semacam ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Pemimpin perusahaan berbasis di California itu, miliarder Elon Musk, mengatakan lewat Twitter bahwa sekitar satu jam setelah lepas landas roket pendorong mendarat keras. Dia menggambarkan pendaratan itu tidak berhasil. Namun, menurutnya misi tersebut menjadi pelajaran yang baik bagi usaha masa depan.

Kegagalan booster itu tidak mempengaruhi keberhasilan roket utama untuk melaksanakan misinya ke Stasiun Antariksa.

Roket pendorong biasanya dibuang di laut, tetapi para pejabat SpaceX mengatakan bahwa mampu mendaur ulang roket merupakan satu cara untuk menurunkan biaya dan mempercepat operasi.

XS
SM
MD
LG