Tautan-tautan Akses

SpaceX Akan Kirim Ulang Cincin Penambat ke Stasiun Antariksa Internasional


Roket Falcon 9 milik SpaceX meluncur dari Pusat Antariksa Kennedy di Cape Canaveral, Florida, April 2016. (AP/John Raoux)

Roket Falcon 9 milik SpaceX meluncur dari Pusat Antariksa Kennedy di Cape Canaveral, Florida, April 2016. (AP/John Raoux)

Cincin logam itu akan berfungsi sebagai tempat parkir pesawat antariksa komersial yang sedang dikembangkan oleh SpaceX dan Boeing.

Perusahaan transportasi antariksa SpaceX dijadwalkan akan meluncurkan roket Falcon 9 yang berisi pasokan untuk Stasiun Antariksa Internasional (ISS) Senin dini hari (18/7).

Peluncuran itu dijadwalkan pada pukul 4:45 pagi Waktu Universal Terkoordinasi (UTC) dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida.

Di antara benda yang akan diangkut roket itu adalah salah satu dari dua cincin penambat (docking ring) untuk ISS, langkah penting yang memungkinkan taksi antariksa komersial mengangkut astronot ke laboratorium yang mengorbit itu.

Setelah cincin logam itu bersandar di ISS, maka benda tersebut akan berfungsi sebagai tempat parkir pesawat antariksa komersial yang sedang dikembangkan oleh SpaceX dan Boeing. Penerbangan uji coba dengan awak rencananya diadakan tahun depan.

Tahun lalu, sebuah roket SpaceX yang mengangkut salah satu cincin itu pecah tidak lama setelah meluncur. Sekitar 2,5 menit setelah peluncuran hari Senin, bagian utama roket itu akan terlepas, balik arah dan berupaya mendarat beberapa kilometer dari lokasi peluncuran. [vm]

XS
SM
MD
LG