Tautan-tautan Akses

AS

South Carolina Turunkan Bendera Konfederasi di Ibukota Negara Bagian


Petugas patroli jalan raya South Carolina menurunkan bendera konfederasi dari Gedung Capitol di Columbia, South Carolina, Jumat (10/7).

Petugas patroli jalan raya South Carolina menurunkan bendera konfederasi dari Gedung Capitol di Columbia, South Carolina, Jumat (10/7).

Pemerintah negara bagian South Carolina telah menurunkan bendera konfederasi dari halaman Gedung Capitol di Columbia, setelah bendera tersebut berkibar di gedung perwakilan rakyat negara bagian ini selama lebih dari 50 tahun.

Gubernur South Carolina, Nikki Haley, sehari sebelumnya menandatangani RUU yang didukung oleh Partai Demokrat dan Republik untuk menurunkan bendera era Perang Saudara itu, tiga minggu setelah terjadi pembantaian ras terhadap sembilan jemaah gereja kulit hitam.

Para anggota DPR South Carolina mengikuti Senat negara bagian saat mereka meluluskan RUU yang diperdebatkan dengan emosional selama lebih dari 13 jam.

Gubernur Haley menyebutnya sebagai "hari bersejarah" bagi South Carolina, "hari yang benar-benar mempersatukan kita, sementara kita terus menempuh masa pemulihan, sebagai satu bangsa dan satu negara."

Ia menyerahkan masing-masing pena yang digunakan untuk menandatangani RUU itu kepada setiap keluarga korban penembakan gereja tersebut. Bendera diturunkan dalam sebuah upacara Jumat pagi. Haley menandaskan, bendera diturunkan dengan hormat dan dimasukkan ke museum sebagaimana layaknya.

XS
SM
MD
LG