Tautan-tautan Akses

AS

South Carolina Resmikan UU Turunkan Bendera Konfederasi dari Ibukota


Seorang aktivis mengacungkan tanda yang mendukung penurunan bendera dari ibukota South Carolina (9/7).

Seorang aktivis mengacungkan tanda yang mendukung penurunan bendera dari ibukota South Carolina (9/7).

Gubernur negara bagian South Carolina Nikki Haley telah menandatangani RUU menurunkan bendera konfederasi era Perang Saudara dari halaman gedung Capitol di Columbia, ibukota negara bagian ini.

Gubernur Haley pada halaman Facebook-nya mengatakan, "Ini adalah hari baru di South Carolina", "hari di mana semua bisa merasa bangga, hari dimana kita bersatu untuk pulih sebagai satu warga dan satu negara bagian".

Anggota DPRD South Carolina mensahkan RUU itu Kamis pagi dengan suara 94 lawan 20 setelah perdebatan sengit selama 13 jam lebih.

Gubernur Haley telah menghimbau bendera konfederasi diturunkan setelah pembantaian di sebuah gereja, menolak pandangan pembela bendera konfederasi yang mengatakan bendera ini melambangkan sejarah dan peninggalan budaya Amerika bagian selatan.

RUU ini memerintahkan bendera diturunkan dalam waktu 24 jam setelah RUU tadi ditandatangani Haley menjadi UU dan akan di simpan di sebuah museum. Bendera akan diturunkan dalam sebuah upacara pada Jumat pukul 10 pagi waktu setempat.

XS
SM
MD
LG