Tautan-tautan Akses

Somalia Tempatkan Dubes Pertama di Washington


Omar Abdirashid Sharmarke (Foto: dok).

Omar Abdirashid Sharmarke (Foto: dok).

Omar Abdirashid Sharmarke, Dubes pertama Somalia untuk Amerika Serikat, bertemu dengan Presiden Amerika Barack Obama di Gedung Putih, hari Senin (14/7).

Somalia telah menempatkan Dubes pertamanya untuk Amerika Serikat sejak pemerintah negara Afrika Timur itu jatuh lebih dari 20 tahun yang lalu.

Omar Abdirashid Sharmarke bertemu dengan Presiden Amerika Barack Obama hari Senin (14/7) di Gedung Putih.

Sharmarke memberitahu VOA bahwa perkembangan ini adalah satu langkah monumental bagi Somalia. Ia mengatakan, ini menunjukkan Somalia ingin memperdalam hubungannya dengan Amerika Serikat.

Bulan lalu, Amerika Serikat mengumumkan bahwa negara itu juga akan mengangkat kembali Dubesnya untuk Somalia.

Presiden Obama belum mengatakan siapa yang ia akan calonkan bagi jabatan itu. Amerika Serikat belum mempunyai Dubes di Somalia sejak Amerika menutup misinya tahun 1991.

Somalia telah menderita lebih dari 20 tahun perang dan ketidak-adaan hukum sejak jatuhnya Presiden Mohamed Siad Bame tahun 1991.

Dalam beberapa tahun ini, pasukan Somalia beserta pasukan Uni Afrika telah bertempur melawan militan Islamis dari kelompok al-Shabab. Pasukan pemerintah telah merebut kembali banyak dari Somalia tengah dan selatan dari militan, tetapi al-Shabab terus melancarkan serangan terhadap sarana – sarana pemerintah.​

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG