Tautan-tautan Akses

Somalia Tangkap Salah Satu Komandan Al-Shabab


Tersangka militant al-Shabab ditangkap dalam serangan di markas Uni Africa di Mogadishu, Somalia (25/12).

Tersangka militant al-Shabab ditangkap dalam serangan di markas Uni Africa di Mogadishu, Somalia (25/12).

Zakariye Ismail Hersi ditangkap dalam penyerbuan Sabtu pagi (27/12), di kota El Wak dekat perbatasan Kenya.

Pihak berwenang Somalia mengatakan telah menangkap salah seorang komandan al-Shabab yang paling diburu. Zakariye Ismail Hersi ditangkap dalam penyerbuan Sabtu pagi di kota El Wak dekat perbatasan Kenya.

Jenderal Abbas Ibrahim Gurey, komandan pasukan pemerintah Somalia di wilayah Gedo di selatan, memberitahu VOA bahwa pihak berwenang mendapatkan informasi dari warga bahwa sejumlah tersangka al-Shabab bersembunyi di dalam sebuah rumah.

Gurey mengatakan Hersi ditangkap bersama sekretarisnya. Jenderal itu mengatakan Hersi, yang diketahui membawa pistol, tidak melawan.

Pada bulan Juni 2012, AS menawarkan imbalan tiga juta dolar bagi penangkapan Hersi. AS menggambarkannya sebagai rekan bekas pemimpin al-Shabab, Ahmed Abdi Godane.

Dalam wawancara dengan VOA hari Sabtu (27/12) ketika berada dalam tahanan, Hersi sendiri mengukuhkan pernah menjadi anggota al-Shabab. Dia mengatakan meninggalkan kelompok itu 18 bulan lalu karena perbedaan pandangan dengan pemimpinnya.

Dia mengaku tidak tahu bahwa AS menawarkan imbalan untuk penangkapan dirinya.

Hersi mengatakan tidak pernah menjadi kepala intelijen al-Shabab, seperti yang pernah dilaporkan sebelumnya. Dia mengatakan pernah menduduki beberapa posisi lain, termasuk kepada Administrasi Regional dan salah seorang komandan milisi al-Shabab.

XS
SM
MD
LG