Tautan-tautan Akses

Somalia Sita Dua Pesawat Asing yang Bawa Uang Tunai 3,6 Juta Dolar


Anggota bajak laut Somalia dengan senjatanya. Uang yang dibawa pesawat asing diduga 'uang tebusan' bagi bajak laut Somalia.

Anggota bajak laut Somalia dengan senjatanya. Uang yang dibawa pesawat asing diduga 'uang tebusan' bagi bajak laut Somalia.

Pesawat atau helikopter asing yang ke Somalia sering digunakan untuk mengangkut uang tebusan bagi bajak laut Somalia.

Pemerintah Somalia telah menyita dua pesawat asing yang mendarat di Mogadishu hari Selasa dan membawa uang tunai 3,6 juta dolar.

Menteri Dalam Negeri Abdi Shakur Hassan Farah mengatakan pemerintah menahan enam awak pesawat itu, termasuk warga Amerika, Inggris dan Kenya.

Farah mengatakan pemerintah mengijinkan kedua pesawat itu mendarat, tapi kecurigaan pihak berwenang makin bertambah setelah para tersangka memindahkan koper-koper kecil dari satu pesawat ke pesawat lainnya. Menteri dalam negeri itu mengatakan para pejabat menemukan uang tunai dalam koper-koper kecil itu.

Para pejabat sedang menyelidiki kasus itu. Tidak jelas mengapa dua pesawat itu membawa uang tunai begitu banyak.

Pesawat atau helikopter sering digunakan untuk mengangkut uang tebusan untuk bajak laut Somalia yang merompak kapal-kapal asing. Umumnya, uang tebusan di jatuhkan dari udara dalam sebuah kontainer ke bajak laut di darat.

XS
SM
MD
LG