Tautan-tautan Akses

Presiden Somalia Minta PBB Tak Ikut Campur soal Politik


Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud meminta PBB tidak mencampuri politik di negaranya (foto: dok).

Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud meminta PBB tidak mencampuri politik di negaranya (foto: dok).

Sebelumnya, utusan PBB untuk Somalia, Nicholas Kay, menyatakan keprihatinan bahwa anggota parlemen disuap untuk menentang kemungkinan mosi tidak percaya.

Pernyataan Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud terhadap PBB ini dikemukakan hari Senin (3/11), setelah sebelumnya utusan PBB untuk Somalia, Nicholas Kay, menyatakan keprihatinan bahwa anggota parlemen Somalia disuap untuk menentang perdana menteri terkait kemungkinan mosi tidak percaya.

Mohamud mengatakan ia menghargai kekhawatiran masyarakat internasional, tetapi mengatakan dunia harus menghormati hak berdaulat Somalia untuk menentukan masa depannya sendiri.

Menurutnya, "cara terbaik" untuk mendukung kepemimpinan Somalia adalah memungkinkan mereka untuk menyelesaikan perbedaan melalui "cara-cara yang sah dan dalam lembaga-lembaga yang sudah ada dan semakin matang."

Ketegangan antara presiden dan Perdana Menteri Abdiweli Sheikh Ahmed telah menimbulkan kekhawatiran bahwa Somalia dapat tergelincir ke dalam kekacauan politik, memperlambat kemajuan dalam menstabilkan negara yang dilanda perang itu.

XS
SM
MD
LG