Tautan-tautan Akses

Solo Luncurkan Mobil Ambulans Khusus untuk Kesehatan Perempuan

  • Yudha Satriawan

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari (kanan), saat meresmikan operasional ambulans khusus untuk kesehatan perempuan di Solo (14/10).

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari (kanan), saat meresmikan operasional ambulans khusus untuk kesehatan perempuan di Solo (14/10).

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari, meresmikan operasional ambulans khusus kesehatan perempuan yang pertama di Indonesia, di kota Solo, Jawa Tengah.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A), Linda Amalia Sari,membuka selubung kain yang menutupi mobil ambulans khusus kesehatan perempuan di kota Solo Jawa tengah, Jumat sore (14/10).

Mobil tersebut berbeda dengan mobil ambulans yang selama ini dimiliki berbagai rumah sakit. Mobil ambulans khusus tersebut lebih focus menangani deteksi kanker leher rahim atau serviks, kadar haemoglobin, dan berbagai penyakit yang dialami perempuan.

Ambulans tersebut dilengkapi tim medis dan peralatan berteknologi mendeteksi kanker serviks, kadar haemoglobin, dan berbagai gejala penyakit. Mobil ambulans tersebut akan berkeliling kota Solo memeriksa kesehatan warga terutama perempuan mulai dari remaja hingga lanjut usia secara gratis.

“Women’s health mobile clinic atau ambulans khusus kesehatan perempuan ini menjadi yang pertama kali dan satu-satunya di Indonesia. Keberadaan mobil ini sangat penting untuk menyadarkan akan pentingnya mencegah kanker serviks," kata Menteri P3A Linda Amalia Sari.

Menteri P3A juga berharap agar beroperasinya mobil ambulans akan mampu menyelamatkan lebih banyak nyawa perempuan dari berbagai ancaman kanker terutama kanker serviks.

"Selama ini masih banyak perempuan yang mengabaikan dan enggan memeriksakan diri mendeteksi kanker serviks. Mobil ambulans ini secara aktif akan mendatangi, atau 'jemput bola' agar perempuan mau memeriksakan diri,” papar Menteri Linda lagi.

Mobil ambulans khusus kesehatan perempuan tersebut sumbangan dari organisasi sosial kemasyarakatan di kota Solo, Rotary Club, yang diserahkan operasionalnya kepada PMI kota Solo. Juru bicara PMI kota Solo, Sumartono Hadinoto mengatakan pemeriksaan kesehatan dengan menggunakan fasilitas ambulans tersebut digratiskan.

"Standar peralatan medis maupun SDM-nya sama dengan ambulans yang ada selama ini.hanya saja ambulans ini dilengkapi peratalatan deteksi kanker serviks. Pendeteksian dengan tes IVA.setiap perempuan yang masih dalam status menikah, belum menikah, ataupun sudah pernah menikah beresiko terkena kanker serviks. Seluruh pemeriksaan digratiskan.. selain tes deteksi kanker serviks, ambulans ini juga melayani pemeriksaan kadar haemoglobin bagi remaja maupun kesehatan warga lanjut usia..yang penting ini semua untuk perempuan,” kata Sumartono Hadinoto.

XS
SM
MD
LG