Tautan-tautan Akses

Solo Luncurkan Aplikasi Wisata untuk Smartphone

  • Yudha Satriawan

Solo luncurkan aplikasi wisata untuk smartphone

Solo luncurkan aplikasi wisata untuk smartphone

Pemkot Solo bekerjasama dengan industri komunikasi dan informatika meluncurkan aplikasi Wisata berbasis smartphone untuk mendongkrak pariwisata dan mempermudah pelayanan kunjungan wisata di Solo.

Pemerintah kota Solo bekerjasama dengan perusahaan penyedia jasa layanan komunikasi meluncurkan sebuah aplikasi di handphone, Solo Destination. Layanan tersebut secara resmi diluncurkan Minggu pagi (8/6) di ajang Car free Day sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Pemkot Solo, Yosca Herman Sudrajat mengatakan aplikasi ini untuk memudahkan para wisatawan mengetahui berbagai lokasi wisata, kuliner, hotel, dan kalender wisata di Solo melalui smartphone berbasis android.

Peluncuran layanan aplikasi wisata Solo Destination ini mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia atau MURI sebagai kota pertama di Indonesia yang menyediakan layanan pariwisata tersebut. Juru bicara MURI, Wida, mengatakan Aplikasi ini pertama kali dan menjadi pelopor bagi daerah di Indonesia.

Sementara itu, juru bicara Penyedia jasa aplikasi Solo Destination, Eddy Sudrajat mengatakan dapat diunduh melalui sistem operasi smartphone berbasis android.
Sebagaimana diketahui, Solo terus berbenah dan menggenjot angka kunjungan wisata. Penurunan jumlah wisatawan terjadi pada wisatawan asing tahun 2013 hampir 25 persen dibanding tahun 2012 atau turun 35 persen dibanding tahun 2011. Data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan pemkot Solo menyatakan jumlah angka wisatawan asing yang berkunjung ke Solo hingga tahun 2013 lalu mencapai 20 ribu orang, anjlok dibanding tahun 2012 yang mencapai 30 ribu dan 2011 sekitar 33 ribu wisatawan.

Sedangkan jumlah kunjungan wisatawan Domestik ke Solo tahun 2013 sekitar 1,8 juta orang, atau merosot dibanding tahun 2012 yang berjumlah 2,1 juta dan tahun 2011 berjumlah 1,7 juta wisatawan.
XS
SM
MD
LG