Tautan-tautan Akses

Partai Sosialis Portugal Kembali Pilih PM Socrates sebagai Ketua Partai


Perdana Menteri Portugal Jose Socrates

Perdana Menteri Portugal Jose Socrates

Perdana Menteri Portugal Jose Socrates memenangkan pemilihan internal partai, meskipun krisis melanda negara ini di bawah kepemimpinannya.

Partai Sosialis Portugal dengan suara hampir mutlak memilih kembali penjabat Perdana Menteri Jose Socrates sebagai pemimpinnya.

Jose Socrates memenangkan 93 persen suara dalam pemilihan, Minggu, meskipun krisis politik dan keuangan melanda negara ini di bawah kepemimpinannya. Socrates yang memerintah dengan dukungan minoritas di parlemen sejak terpilih dua tahun lalu, mengundurkan diri Rabu lalu setelah partai-partai oposisi di parlemen menolak untuk menyetujui program-program penghematan anggarannya untuk memotong defisit negara.

Pemilu baru, kemungkinan akan diselenggarakan pada akhir Mei atau di awal Juni. Socrates diperkirakan akan tetap menjabat perdana menteri hingga pemilu berlangsung. Dengan tetap terpilihnya sebagai pemimpin Partai Sosialis, ia akan menjadi kandidat bagi partainya tersebut.

Presiden Anibal Cavaco Silva, yang akan bertanggung jawab menentukan pemilu baru, bertemu dengan pemimpin dari partai-partai besar Portugal untuk menelusuri kemungkinan pembentukan pemerintah koalisi tanpa perlu mengadakan pemilu.

XS
SM
MD
LG