Tautan-tautan Akses

Snowden Terima Penghargaan dari Norwegia karena Perjuangkan Hak Privasi


Edward Snowden berbicara melalui sambungan video langsung dari Rusia, saat penyerahan penghargaan di kota Molde, Norwegia Barat, Sabtu (5/9).

Edward Snowden berbicara melalui sambungan video langsung dari Rusia, saat penyerahan penghargaan di kota Molde, Norwegia Barat, Sabtu (5/9).

Mantan pegawai Badan Keamanan Nasional AS Edward Snowden yang kini tinggal di Rusia, telah menerima penghargaan dari Norwegia dan hadiah uang 12 ribu dolar hari Sabtu (5/9).

Mantan pegawai Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA) Edward Snowden telah menerima penghargaan dari Norwegian Academy of Literature and Freedom of Expression, dan menerima penghargaan itu melalui sambungan video langsung dari Rusia.

Mantan analis NSA itu mendapat sambutan tepuk tangan sambil berdiri dari hadirin (standing ovation) hari Sabtu (5/9) sewaktu piagam dan patung kecil diletakkan di kursi kosong, dalam acara penganugerahan penghargaan itu di kota Molde, Norwegia Barat.

Ia mendapat penghargaan itu, yang juga mencakup Hadiah uang senilai 12 ribu dolar, “berkat pekerjaannya dalam berbagai isu penting mengenai hak privasi.”

Snowden mengatakan citra dan reputasi Amerika terganggu setiap tahun karena sikapnya yang bertentangan dengan HAM.

Jika ia meninggalkan Rusia, ia dapat diekstradisi ke Amerika, di mana ia menghadapi tuduhan membocorkan rincian program pengintaian yang semula dirahasiakan.

XS
SM
MD
LG