Tautan-tautan Akses

Snowden Mungkin Ajukan Permohonan Jadi Warga Rusia


Warga AS yang jadi buron, Edward Snowden telah tertahan di zona transit bandara Sheremetyevo di Moskow, Rusia untuk pekan keempat (foto: dok).

Warga AS yang jadi buron, Edward Snowden telah tertahan di zona transit bandara Sheremetyevo di Moskow, Rusia untuk pekan keempat (foto: dok).

Warga AS pembocor informasi pemantauan intelijen AS, Edward Snowden telah tertahan di zona transit bandara Sheremetyevo di Moskow, Rusia untuk pekan keempat.

Pengacara Edward Snowden mengatakan pembocor informasi intelijen Amerika yang buron itu tidak menutup kemungkinan untuk mengajukan permohonan menjadi warga negara Rusia.

Snowden yang berusia 30 tahun telah tertahan di zona transit sebuah bandara Moskow untuk pekan keempat, sementara berusaha memperoleh suaka sementara dari Rusia. Ia mengatakan, ia pada akhirnya ingin menuju ke Amerika Latin, namun pengacaranya, Anatoly Kucherena, mengatakan, Snowden juga mengatakan kepadanya bahwa ia mungkin akan mengajukan permohonan kewarganegaraan Rusia.

Amerika Serikat menuntut Rusia untuk mengekstradisi Snowden ke Amerika untuk menghadapi tuduhan spionase, setelah ia mengungkap rincian program pengintaian rahasia yang dilakukan Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA).

Rusia telah menolak mengusir Snowden, namun Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan hubungan Moskow dengan Amerika Serikat lebih penting daripada persengketaan mengenai Snowden.

Rusia sedang mempertimbangkan permohonan Snowden untuk mendapat suaka sementara. Namun Putin mengatakan, negara tidak akan mentoleransi jika Snowden terus membocorkan informasi yang merugikan Amerika Serikat.

Kucherena memperkirakan permohonan suaka sementara akan disetujui dalam beberapa hari dan Snowden akan bisa meninggalkan bandara itu.
XS
SM
MD
LG