Tautan-tautan Akses

Snowden Ajukan Perpanjangan Suaka di Rusia


Edward Snowden berniat mengajukan perpanjangan suaka untuk tinggal di Rusia (foto: dok).

Edward Snowden berniat mengajukan perpanjangan suaka untuk tinggal di Rusia (foto: dok).

Suaka yang diberikan pemerintah Rusia kepada warga AS, Edward Snowden yang berlaku satu tahun akan habis pada akhir bulan ini.

Edward Snowden, warga AS yang menjadi buron karena membocorkan rahasia keamanan nasional Amerika, berniat terus tinggal di Rusia di bawah suaka.

Mantan kontraktor pemerintah Amerika berusia 31 tahun itu telah tinggal disana dalam setahun ini karena Rusia mengijinkannya tinggal setelah Amerika mencabut paspornya.

Tetapi karena suaka sementaranya yang berlaku satu tahun akan kadaluwarsa pada akhir bulan Juli ini, pengacara Snowden hari Rabu mengatakan klien-nya telah mengajukan petisi kepada pihak berwenang Rusia agar bisa tinggal lebih lama.

Pihak berwenang Amerika menuduh Snowden, yang pernah bekerja pada Badan Keamanan Nasional Amerika, membocorkan hingga 1,7 juta dokumen rahasia tahun lalu mengenai program-program intelijen Amerika kepada sejumlah wartawan yang hingga kini masih menulis laporan tentang dokumen-dokumen itu.

Snowden menghadapi tuntutan spionase di Amerika, tetapi Rusia menolak permintaan ekstradisi untuk mengadilinya di Amerika.

XS
SM
MD
LG