Tautan-tautan Akses

AS

Snowden Tuduh NSA Lakukan Spionase Industri


Edward Snowden menuduh NSA melakukan spionase terhadap industri bila dinilai terkait kepentingan nasional AS (foto: dok).

Edward Snowden menuduh NSA melakukan spionase terhadap industri bila dinilai terkait kepentingan nasional AS (foto: dok).

Dalam sebuah wawancara dengan televisi Jerman hari Minggu (26/1), Edward Snowden menuduh badan keamanan nasional AS (NSA) melakukan spionase terhadap industri.

Mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA) Edward Snowden menuduh lembaga NSA melakukan tindakan mata-mata terhadap dunia industri. Stasiun televisi Jermah ARD mengatakan Snowden menyampaikan tuduhan itu dalam wawancara yang disiarkan hari Minggu (26/1).

Dalam wawancara itu Snowden mengatakan “jika perusahaan industri raksasa seperti Siemens memiliki sesuatu yang diyakini NSA akan memberi manfaat pada kepentingan nasional – bukan keamanan nasional – Amerika, maka mereka akan menggali informasi tersebut dan mengambilnya”.

Wawancara ARD itu merupakan wawancara televisi pertama yang dilakukan Snowden sejak mengungkapkan program pengintaian besar-besaran NSA.

Snowden menghadapi tuduhan-tuduhan kejahatan besar di Amerika dan memperoleh suaka sementara dari Rusia.

Snowden juga mengatakan tidak akan terlibat dalam penerbitan dokumen-dokumen yang diambilnya dari bank data NSA. Ia menambahkan sudah tidak memiliki data apapun dari NSA.

Snowden mengatakan kepada ARD, informasi yang diperolehnya sebelumnya telah disebarkan kepada sejumlah – apa yang disebutnya – wartawan yang dapat dipercaya, yang akan memutuskan sendiri apakah akan menerbitkannya dan dalam rangkaian berita apa.

Snowden dituduh melakukan kejahatan besar di Amerika Serikat dan mendapat suaka sementara di Rusia.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG