Tautan-tautan Akses

AS

Edward Snowden Jadi Konsultan Intelijen AS Meski Tak Tamat SMA


Edward Snowden, meskipun tidak menyelesaikan pendidikan SMA, namun memegang posisi bagus dalam lingkaran intelijen Amerika (foto: dok).

Edward Snowden, meskipun tidak menyelesaikan pendidikan SMA, namun memegang posisi bagus dalam lingkaran intelijen Amerika (foto: dok).

Snowden, pembocor pemantauan intelijen AS, adalah remaja putus sekolah dari SMA yang dengan cepat memegang posisi bagus dalam lingkaran intelijen Amerika.

Seorang pria Amerika berusia 29 tahun yang mengaku ia yang memaparkan program pengintaian Amerika yang sangat dirahasiakan itu adalah remaja putus sekolah sewaktu SMA yang dengan cepat memegang posisi bagus dalam lingkaran intelijen Amerika.

Edward Snowden dibesarkan di negara bagian North Carolina dan Maryland di Pantai Timur Amerika. Dalam sebuah wawancara dengan koran Inggris The Guardian, ia mengatakan ia tidak pernah tamat SMA tapi mempelajari program komputer di sebuah perguruan tinggi komunitas Maryland dan memperoleh diploma Pendidikan Pengembangan Umum atau GED.

The Guardian mengutip militer Amerika yang mengatakan Snowden mendaftarkan namanya dalam pasukan cadangan sebagai calon anggota pasukan khusus pada bulan Mei 2004 tetapi tidak menyelesaikan pelatihan dan dikeluarkan empat bulan kemudian.

Snowden memberitahu surat kabar itu bahwa karir militernya terhenti setelah "kedua kakinya patah dalam kecelakaan pelatihan."

The Guardian mengatakan pekerjaan pertama Snowden adalah sebagai satpam di Badan Kemanan Nasional Amerika atau NSA, yang menugasinya di sebuah fasilitas rahasia di Universitas Maryland.

Harian itu mengatakan bakat Snowden dalam membuat program komputer membantunya pindah ke Dinas Intelijen Amerika atau CIA sebagai spesialis keamanan Teknologi Informasi.

Ia mengatakan CIA menempatkannya di Jenewa, Swiss pada tahun 2007 dengan status diplomatik. CIA pada umumnya tidak bersedia mengkonfirmasi atau menyangkal apakah seseorang pegawainya atau bukan.

Snowden memberitahu koran itu bahwa ia keluar dari CIA tahun 2009 dan melakukan berbagai tugas sebagai kontraktor swasta untuk NSA, termasuk tugas di perusahaan komputer Dell dan di sebuah fasilitas militer Amerika di Jepang.

Perusahaan konsultan pertahanan Amerika Booz Allen Hamilton mengatakan mereka mengontrak Snowden awal tahun ini di sebuah kantor di Hawaii. Dikatakan Snowden telah bekerja tidak sampai tiga bulan ketika ia memberitahu para wartawan bahwa ia adalah sumber pembocoran informasi program pengintaian Amerika itu.
XS
SM
MD
LG