Tautan-tautan Akses

AS

Snowden Buka Akun Twitter


Edward Snowden menyampaikan pernyataan lewat video dari Moskow kepada hadirin di Traktat Internasional untuk Hak atas Privasi di New York (24/9). (Reuters/Andrew Kelly)

Edward Snowden menyampaikan pernyataan lewat video dari Moskow kepada hadirin di Traktat Internasional untuk Hak atas Privasi di New York (24/9). (Reuters/Andrew Kelly)

Tetapi, ia hanya mengikuti satu akun, yaitu mantan majikannya, Badan Keamanan Nasional AS (NSA).

Bekas kontraktor intelijen AS yang kini jadi buronan, Edward Snowden, telah membuka akun media sosial Twitter.

​Snowden, mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA), yang membocorkan informasi mengenai program pengintaian Amerika, mengunggah tulisan pertama di Twitter: “Can you hear me now? (Anda dapat mendengar saya sekarang?)” pada Selasa tengah hari waktu Amerika bagian timur.

​Twitter mengukuhkan akun tersebut. Snowden telah mengumpulkan 185 ribu follower atau pengikut dalam waktu satu jam, dan pada saat berita ini diunggah, jumlah pengikutnya telah mencapai hampir 800 ribu. Tetapi, ia hanya mengikuti satu akun, yaitu mantan majikannya, NSA.

Snowden dengan segera disambut oleh ahli astrofisika terkenal Neil deGrasse Tyson. Jawaban Snowden:”Terima kasih sambutannya. Dan sekarang kita telah menemukan air di Mars! Apakah menurut Anda mereka memeriksa paspor di perbatasan? Saya sedang mencari teman."

Snowden adalah seorang kontraktor untuk Booz Allen Hamilton ketika ia membocorkan informasi mengenai program pengintaian Amerika kepada surat kabar Inggris “The Guardian” dan “The Washington Post.” Laporan pertama dimuat bulan Juni 2013, yang dengan segera menimbulkan kegemparan di dunia.

Dalam profil Twitter-nya, Snowden menggambarkan dirinya sebagai, “Saya dulu bekerja untuk pemerintah. Sekarang saya bekerja untuk publik. Direktur @FreedomofPress.” [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG