Tautan-tautan Akses

Rusia: Snowden Belum Ajukan Permohonan Suaka


Edward Snowden (tengah) bersama para aktivis HAM dalam konferensi pers di Moskow (12/7).

Edward Snowden (tengah) bersama para aktivis HAM dalam konferensi pers di Moskow (12/7).

Pejabat Rusia mengatakan mereka belum menerima sebuah permohonan suaka dari buronan pembocor intelijen Amerika, Edward Snowden.

Kepala Layanan Migrasi Federal Rusia, Konstantin Romodanovsky, mengatakan Sabtu, badan yang dipimpinnya belum menerima permohonan suaka dari Snowden.
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov juga mengatakan demikian Sabtu dalam sebuah pertemuan keamanan di Kygyzstan, katanya pemerintahnya tidak ada kontak dengan bekas kontraktor intelijen Amerika itu.

Snowden yang didakwa membocorkan informasi rahasia dari program pengintaian Badan Keamanan Nasional Amerika, kini berada di zona transit bandara Moskow di mana ia status dirinya terkatung-katung selama tiga minggu setelah Amerika membatalkan paspornya.

Hari Jumat, Snowden bertemu dengan aktivis HAM di bandara dan katanya, ia sedang minta suaka sementara di Rusia sampai ia bisa melakukan perjalanan secara aman ke Amerika Latin, di mana tiga negara, Bolivia, Nikaragua dan Venezuela, telah menawarkan dirinya suaka.

Amerika melancarkan kritik terhadap Rusia karena mengijinkan Snowden bertemu dengan aktivis. Jurubicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan Jumat, Rusia menyediakan untuk Snowden sebuah “platform propaganda” dan katanya, hal ini bertentangan dengan deklarasi Rusia bahwa pihaknya akan bersikap netral dalam kemelut ini.
XS
SM
MD
LG