Tautan-tautan Akses

Slovenia Mulai Selenggarakan Pemilu Presiden Putaran Ke-2


Warga Slovenia memberikan suaranya dalam pemilihan presiden putaran ke-2 di salah satu TPS di Planina (2/12).

Warga Slovenia memberikan suaranya dalam pemilihan presiden putaran ke-2 di salah satu TPS di Planina (2/12).

Kandidat oposisi Slovenia, mantan perdana menteri yang berhaluan tengah-kiri, Borut Pahor, mengungguli Presiden Danilo Turk dalam putaran pertama pemilu bulan lalu.

TPS-TPS di Slovenia mulai dibuka bagi pemilihan presiden putaran ke-dua, di tengah-tengah meningkatnya ketidakpuasan terhadap langkah-langkah pemangkasan anggaran pemerintah yang dimaksudkan untuk menghindari dana talangan internasional.

Kandidat oposisi, mantan perdana menteri yang berhaluan tengah-kiri, Borut Pahor, mengungguli Presiden Danilo Turk dalam putaran pertama pemilu bulan lalu.

Slovenia bergabung dengan zona euro pada tahun 2007, sewaktu negara ini menjadi ekonomi paling cepat berkembang di blok tersebut. Tetapi Slovenia kemudian terimbas dampak krisis finansial gobal karena ketergantungannya pada ekspor. Setelah lolos dari resesi pada kuartal ke-dua, Slovenia akhirnya terjerumus kembali ke dalam resesi pada kuartal ke-tiga tahun ini.

Pemerintah yang dipimpin kalangan konservatif telah memangkas gaji pegawai negeri dan banyak tunjangan sosial tahun ini guna mengurangi defisit anggaran, dan telah mengumumkan rencana pemangkasan anggaran lebih lanjut pada tahun 2013.

Dua pekan silam, serikat-serikat pekerja menggelar protes besar-besaran di Ljubljana menentang pemangkasan belanja dan reformasi ekonomi yang akan mencakup dinaikkannya usia pensiun, undang-undang ketenagakerjaan yang lebih longgar dan swastanisasi.
XS
SM
MD
LG