Tautan-tautan Akses

Slovakia Tantang Belanda, Chili Jajal Brazil

  • Arif Budiman

Belanda diperkirakan akan menang mudah. Namun, Slovakia tidak dapat dipandang enteng karena berhasil mengalahkan juara bertahan, Italia.

Putaran sistem gugur berlanjut Senin ini, ketika Slovakia menantang Belanda di Durban dan Chili menjajal Brazil di Johannesburg untuk memperebutkan tempat di perempat final.

Belanda diperkirakan akan menang mudah. Tim ini mencatat kemenangan di tiga laga dalam putaran grup, yakni menang 2-1 atas Kamerun, 2-0 atas Denmark dan 1-0 atas Jepang.

Namun, Slovakia tidak dapat dipandang enteng karena berhasil mengalahkan tim besar yang juga juara bertahan, Italia, di putaran grup. Slovakia juga memiliki salah satu pencetak gol terbanyak dalam turnamen ini, yakni Robert Vittek, yang telah mengumpulkan tiga gol.

Di laga berikutnya, Chili akan berusaha mengalahkan Brazil yang berusaha mengejar gelar Piala Dunia keenamnya.

Brazil dan negara sesama dari Amerika Selatan itu telah seringkali bertemu, di mana Brazil mendominasi persaingan. Brazil belum pernah kalah dari Chili dalam 10 tahun terakhir, dengan Robinho mencetak enam gol dalam lima pertandingan terakhir melawan Chili.

Chili melaju ke putaran sistem gugur sebagai juara kedua grup H dengan rekor dua menang dan satu kalah. Brazil memuncaki grup G dengan dua menang dan satu seri.

Inggris Kalah Memalukan

Sementara itu dari salah satu pertandingan pada hari Minggu, Inggris menelan kekalahan memalukan dari Jerman. Kapten Jerman Philipp Lahm menduga kekalahan Inggris dengan skor mencolok 4-1 dari Jerman kemungkinan karena mereka kurang menghargai tim asuhan Joachim Low yang diisi pemain-pemain tak dikenal.

Tim Inggris didukung sederet bintang yang merumput di Liga Inggris, seperti Wayne Rooeny, Frank Lampard, dan Steven Gerrard, sementara seluruh skuad Jerman bermain di Bundesliga yang tidak seterkenal seperti Liga Inggris.

Selain itu, tim Jerman di Piala Dunia 2010 itu juga menampilkan para pemain muda. Berbeda dengan tim Inggris yang berisi pemain berusia akhir dua puluhan tahun.

Jerman unggul 2-1 di babak pertama berkat gol dari Miroslav Klose dan Lukas Podolski. Pada babak kedua Jerman menambah keunggulan berkat dua gol Thomas Muller.

Sementara itu, pertandingan lainnya pada hari Minggu memastikan Argentina lolos ke perempat final, setelah mengalahkan Meksiko 3-1. Ini merupakan kemenangan keempat Argentina secara berturut-turut di turnamen ini.

XS
SM
MD
LG