Tautan-tautan Akses

Skotlandia Tuntut Lagi Referendum Kemerdekaan


Para pendukung kemerdekaan Skotlandia dari Inggris, memasang tulisan "Ya" (untuk kemerdekaan) di kota Edinburgh (foto: dok).

Para pendukung kemerdekaan Skotlandia dari Inggris, memasang tulisan "Ya" (untuk kemerdekaan) di kota Edinburgh (foto: dok).

Pemerintah Skotlandia telah menuntut referendum yang kedua mengenai kemerdekaan setelah Inggris memilih bulan lalu untuk keluar dari Uni Eropa.

Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan mayoritas warga Skotlandia mendukung pemisahan dari Inggris, supaya Skotlandia dapat tetap dalam Uni Eropa, yang memberi indikasi bahwa banyak dari mereka yang menentang kemerdekaan dalam referendum dua tahun yang lalu telah berubah sikap sejak referendum Brexit.

Di antara mereka adalah Pamela Jenkins, yang tinggal bersama pasangannya dan dua orang putra yang kecil di bekas kota pertambangan minyak Winchburg, tidak jauh dari Edinburgh.

Jenkins mengatakan dia melihat dunia kesempatan bagi anaknya sesudah dewasa di dalam Uni Eropa, tetapi sekarang ia merasa sangat kecewa oleh referendum Inggris untuk keluar dari blok itu.

Jenkins mengatakan dia bukan nasionalis Skotlandia – tetapi kalau ada referendum lagi, dia akan memilih masa depan Eropa daripada tetap dalam Inggris. [gp]

XS
SM
MD
LG