Tautan-tautan Akses

AS

Berbagai Skandal Turunkan Dukungan terhadap Obama


Tingkat dukungan publik AS terhadap Presiden Barack Obama menjadi 45 persen, merupakan yang terendah dalam satu setengah tahun terakhir (foto: dok).

Tingkat dukungan publik AS terhadap Presiden Barack Obama menjadi 45 persen, merupakan yang terendah dalam satu setengah tahun terakhir (foto: dok).

Berbagai kontroversi menurunkan popularitas Obama di kalangan rakyat Amerika, menurut sebuah jajak pendapat yang dipublikasikan oleh CNN.

Hasil jajak pendapat yang dirilis CNN menunjukkan, tingkat dukungan terhadap Presiden Barack Obama turun delapan persen, menjadi 45 persen. CNN mengatakan, itu merupakan tingkat dukungan terendah dalam satu setengah tahun terakhir.

Jajak pendapat itu dilangsungkan menyusul terungkapnya program pemantauan pemerintah terhadap rakyat Amerika, perlakuan tidak adil lembaga pajak terhadap kelompok-kelompok konservatif, program penyadapan catatan telepon wartawan, dan pertanyaan-pertanyaan menyangkut cara pemerintahan Obama menangani serangan terhadap fasilitas diplomatik Amerika di Libya.

Para petugas jajak pendapat CNN ini menanyai lebih dari 1.000 warga Amerika melalui telepon antara tanggal 11 dan 13 Juni.

Jajak-jajak pendapat lain menunjukkan hasil yang beragam mengenai Obama. Gallup dan Rasmussen menunjukkan lebih banyak pemilih yang tidak menyetujui performa kerja Obama ketimbang yang menyetujuinya. Namun Jajak pendapat majalah Time menunjukkan lebih banyak responden yang setuju dari pada yang menentangnya.
XS
SM
MD
LG