Tautan-tautan Akses

Situs VOA Raih Penghargaan Jurnalisme Bergengsi


Situs VOA meraih penghargaan dalam kategori “Liputan Topik, Situs Besar” untuk liputannya mengenai gerakan Kebangkitan Arab atau Arab Spring (foto: dok).

Situs VOA meraih penghargaan dalam kategori “Liputan Topik, Situs Besar” untuk liputannya mengenai gerakan Kebangkitan Arab atau Arab Spring (foto: dok).

Situs Middle East Voices atau Suara Timur Tengah milik Voice of America (VOA) kini diakui sebagai jurnalisme digital yang luar biasa.

Middle East Voices atau Suara Timur Tengah meraih penghargaan Online News Association (ONA) 2012 dalam kategori “Liputan Topik, Situs Besar” untuk liputannya mengenai gerakan Kebangkitan Arab. Pengumuman ini dikeluarkan ONA hari Sabtu dalam konferensi tahunan di San Francisco.

Kepala siaran bahasa Inggris VOA untuk Timur Tengah, Bob Morris, memuji pendekatan inovatif Middle East Voices pada jurnalisme.

Situs tersebut diluncurkan semasa demonstrasi Kebangkitan Arab dan awalnya dilihat sebagai sarana bagi peliputan dengan upaya bersama. Sejak saat itu, kata Morris, situs itu telah berkembang menjadi sarana bagi opini dan sudut pandang yang berbeda.

Middle East Voices menjangkau pengguna berbahasa Inggris di dunia Arab melalui situsnya dan media-media sosial, termasuk Facebook dan Twitter. Morris mengatakan arus pengunjung baru ke situs itu bertambah terus – 75 persennya adalah pengunjung yang pertama kali – dan jumlah ini terus meningkat.

ONA didirikan tahun 2000 bermitra dengan Universitas Miami di Florida. Penghargaan tahunan mereka adalah “satu-satunya di Amerika yang memberi penghargaan bagi situs-situs jurnalisme digital yang luar biasa.”

Pemenang dipilih oleh 35 wartawan dari sejumlah media seperti Los Angeles Times, CNN International, Hong Kong Morning Post dan majalah Mother Jones.
XS
SM
MD
LG