Tautan-tautan Akses

Situs Malaysia Airlines Diretas Pendukung ISIS


Layar komputer yang memperlihatkan laman Malaysia Airlines yang diretas di sebuah kafe di Petaling Jaya, di luar Kuala Lumpur (26/1). (AP/Joshua Paul)

Layar komputer yang memperlihatkan laman Malaysia Airlines yang diretas di sebuah kafe di Petaling Jaya, di luar Kuala Lumpur (26/1). (AP/Joshua Paul)

Situs maskapai itu diubah Senin (26/1), pertama dengan pesan yang mengatakan “Pesawat 404 Tidak Ditemukan” dan situs itu “Diretas oleh Khalifah Dunia Maya.”

Situs Internet Malaysia Airlines, www.malaysiaairlines.com, diretas oleh satu kelompok yang menyatakan dukungan pada militan Negara Islam (ISIS).

Situs maskapai itu sempat diubah Senin (26/1), pertama dengan pesan yang mengatakan “Pesawat 404 Tidak Ditemukan” dan situs itu “Diretas oleh Khalifah Dunia Maya.” Tulisan di perambah untuk situs itu mengatakan “ISIS akan menang."

Dalam sebuah pernyataan, Malaysia Airlines mengatakan bahwa situsnya tidak diretas, namun bahwa para pengguna diarahkan ke laman peretas. Perusahaan itu mengatakan situs resmi mereka akan pulih dalam 22 jam.

Malaysia Airlines sedang berjuang keras untuk pulih dari dua tragedi tahun lalu, antara lain, hilangnya pesawat bernomor penerbangan 370.

Situs itu kemudian diubah menjadi gambar seekor kadal, dan sebutan mengenai ISIS dihapus dan pengakuan bertanggung jawab diubah menjadi “Lizard Squad – Official Cyber Caliphate (Pasukan Kadal - Khalifah Dunia Maya Resmi.”

Kelompok Lizard Squad tahun lalu mengaku mendalangi serangan terhadap jaringan Internet milik Sony PlayStation.

XS
SM
MD
LG