Tautan-tautan Akses

Situasi Normal di Perbatasan Kashmir, Pakistan Pertanyakan Serangan India


Tentara Pakistan berpatroli di kawasan Bagsar, yang memisahkan Kashmir antara Pakistan dan India, di Bhimber, sekitar 166 kilometer dari Islamabad, Pakistan, 1 Oktober 2016.

Tentara Pakistan berpatroli di kawasan Bagsar, yang memisahkan Kashmir antara Pakistan dan India, di Bhimber, sekitar 166 kilometer dari Islamabad, Pakistan, 1 Oktober 2016.

Desa Mandol di kawasan Kashmir yang dikuasai Pakistan, di tepi Sungai Poonch hanya berjarak 2.100 meter dari pos militer Pakistan, yang menurut pihak berwenang ditembaki dari wilayah India pada Kamis lalu.

Warga desa di sana menyatakan suara ledakan mengguncang rumah mereka sebagaimana biasanya sewaktu pasukan Pakistan melepaskan tembakan balasan. Warga kemudian berlindung di bunker-bunker hingga baku tembak lima jam itu berakhir.

India menyatakan pasukannya melancarkan serangan terhadap kamp-kamp yang diduga milik teroris di daerah batas gencatan senjata, yang disebut Garis Kontrol (LoC), di wilayah Pakistan.

Namun militer Pakistan segera menolak pernyataan bahwa pasukan India melintasi daerah yang dijaga ketat oleh militer itu. LoC membagi kawasan di Himalaya tersebut menjadi wilayah-wilayah yang dikuasai dua negara musuh bebuyutan yang memiliki senjata nuklir itu.

Pihak berwenang Pakistan malah menyatakan itu adalah baku tembak rutin melintasi LoC yang menewaskan dua tentara Pakistan, sementara beberapa lainnya mengalami luka ringan. Para pejabat keamanan di Islamabad juga menyatakan bahwa jika pasukan India menyeberang ke Pakistan, maka ini dapat dianggap sebagai pernyataan perang.

Militer Pakistan Sabtu menerbangkan sekelompok wartawan ke Mandol dan Bagsar, dua dari beberapa lokasi pertempuran kecil, untuk menegaskan pernyataan mereka sementara ketegangan bilateral terus meningkat. [uh]

XS
SM
MD
LG