Tautan-tautan Akses

Situasi HAM Amerika Dikecam Internasional


Asisten Menteri Luar Negeri AS, Ester Brimmer.

Asisten Menteri Luar Negeri AS, Ester Brimmer.

Indonesia termasuk beberapa negara yang mengimbau AS menyelidiki tuduhan pelecehan yang dilakukan tentaranya di luar negeri.

Amerika hari Jumat menghadapi kecaman internasional bertubi-tubi mengenai situasi HAM-nya, dalam penelitian cermat yang pertama kali oleh Dewan HAM PBB di Jenewa. Sekutu dan musuh sama-sama bergiliran menegur Amerika pada pertemuan Dewan beranggotakan 47 negara itu.

Rusia, Tiongkok, Indonesia, Meksiko, Inggris, Australia dan Swiss termasuk mereka yang mengimbau Amerika untuk melarang hukuman mati, meningkatkan toleransi antar agama, jangan lagi menilai orang berdasarkan ras dan menyelidiki tuduhan pelecehan yang dilakukan tentaranya di luar negeri.

Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Ester Brimmer dalam forum PBB itu mengatakan "pertanggungjawaban kami adalah kepada bangsa kami sendiri" tetapi mengakui pentingnya dialog dengan negara-negara lain.

Negara-negara dari seluruh dunia juga mengimbau Washington agar menutup penjara di Guantanamo dan memperbaiki kondisi tahanan.

XS
SM
MD
LG