Tautan-tautan Akses

Situasi di Eropa, Korea Sebabkan Anjloknya Saham


Bursa saham Asia dan Eropa turun tajam Selasa, karena kekawatiran investor akan krisis utang Eropa dan ketegangan di Korea.

Harga turun tajam di bursa saham Asia dan Eropa Selasa ini sementara para investor khawatir krisis utang Eropa dan ketegangan antara Korea Utara dan Selatan dapat mengganggu perekonomian.

Harga minyak juga jatuh. Sementara Indeks saham di Tokyo, Hong Kong dan Paris Taiwan turun lebih dari tiga persen, sementara saham Amerika, Jerman dan Inggris hampir mendekati penurunan serupa.

Kemerosotan itu sebagian dipicu oleh laporan bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong-Il telah menyiagakan militer rezimnya untuk perang, setelah Korea Selatan menuduh Utara menenggelamkan kapal perang Korea Selatan.

Ketegangan di semenanjung Korea menambah kekhawatiran tentang masalah utang Eropa yang mempengaruhi Yunani dan negara-negara lain. Kecemasan itu meningkat hari Senin sementara Dana Moneter Internasional mendesak Spanyol untuk segera melakukan reformasi dalam pasar tenaga kerja dan sektor perbankan. Bank sentral Spanyol baru saja mengambil alih sebuah bank yang gagal.

XS
SM
MD
LG