Tautan-tautan Akses

Siswa-siswa SMP dan SMA di Washington Gunakan Buku Teks Digital

  • June Soh

Teknologi digital memungkinkan buku-buku teks yang tebal bisa diakses secara digital melalui komputer tablet seperti ini (foto: ilustrasi).

Teknologi digital memungkinkan buku-buku teks yang tebal bisa diakses secara digital melalui komputer tablet seperti ini (foto: ilustrasi).

Siswa-siswa SMP dan SMA di wilayah Washington, DC mulai menggunakan buku teks digital, buku pendidikan yang dibaca secara online.

Guru sejarah Luke Rosa menarik keranjang beroda yang penuh dengan laptop ke sebuah kelas di SMA Falls Church di Virginia.

Tahun ajaran ini, sistem sekolah negeri di Fairfax County telah bergeser dari buku kertas ke buku elektronik untuk studi sosial di SMP dan SMA. Wakil Inspektur sistem ini, Petrus Noonan, mengatakan perubahan itu dilakukan setelah buku-buku digital digunakan di 15 sekolah tahun lalu. Noonan merujuk pada manfaat buku elektronik, seperti kemampuan untuk memperbarui isi buku.

Ia mengatakan, "Dunia terus berubah. Buku-buku teks online bisa berubah sejalan dengan peristiwa yang terjadi."

Ada keuntungan finansial yang signifikan juga.

"Biasanya di daerah ini perlu 50 sampai 70 dolar untuk membeli sebuah buku bagi setiap siswa, yang berarti mencapai sekitar delapan juta dolar untuk semua siswa kami di Fairfax County. Sedangkan kami membeli semua buku pelajaran online untuk siswa kami kurang dari enam juta dolar," paparnya lebih lanjut.

Para siswa menanggapinya dengan beragam, tetapi sebagian besar, termasuk Melanie Reuter, menyukainya. Ia mengatakan, "Saya tidak perlu membawa buku kemana-mana, jadi itu hal yang bagus."

Siswa-siswa di wilayah Fairfax County, Virginia, menggunakan buku teks digital di kelas.

Siswa-siswa di wilayah Fairfax County, Virginia, menggunakan buku teks digital di kelas.

Namun, untuk menjamin agar semua siswa memiliki akses internet di luar sekolah merupakan tantangan. Sekitar 10 persen siswa di Fairfax County tidak memiliki komputer atau akses internet di rumah. Stephen Castillo adalah salah satunya. Ia mengatakan, "Sepertinya saya harus sering-sering pergi ke perpustakaan atau pergi ke rumah teman."

County lain di sekitarnya juga mempertimbangkan menggunakan buku online. Gladys Whitehead, Direktur Kurikulum Sekolah Negeri di Prince George County, mengatakan survei menunjukkan 60 persen siswa memiliki akses komputer di rumah.

"Tahun depan kami akan mencobanya dengan satu kelas dan satu mata pelajaran terlebih dahulu, jadi kami dapat melihat apa saja masalah yang muncul," ujarnya.

Noonan menambahkan, “Saya membayangkan masa depan di mana anak saya yang duduk di kelas tiga SD tidak akan membawa lima buku teks pulang pergi dari sekolah ke rumah. Tetapi dia akan membawa entah komputer tablet atau sejenis perangkat yang bisa digunakan untuk mengakses informasi."

Sekolah-sekolah, kata Peter Noonan, sedang mengambil langkah pertama menuju arah itu sekarang.

XS
SM
MD
LG