Tautan-tautan Akses

Sistem Pendingin Reaktor Nuklir di Fukushima Rusak


Foto udara bangunan reaktor nuklir di PLTN Daiichi Fukushima, Tokyo yang dioperasikan oleh Electric Power Co. (TEPCO) (Foto: dok).

Foto udara bangunan reaktor nuklir di PLTN Daiichi Fukushima, Tokyo yang dioperasikan oleh Electric Power Co. (TEPCO) (Foto: dok).

Badan pengawas nuklir Jepang melaporakan adanya kerusakan pada sistem pendingin di kolam penyimpanan bahan bakar salah satu reaktor Fukushima.

Kerusakan sistem pendingin di pembangkit nuklir yang rusak akibat tsunami di bagian timur-laut Jepang tersebut merupakan yang kedua kalinya dalam satu bulan ini. Dilaporkan tidak ada bahaya segera dari kerusakan itu.

Seorang jurubicara badan pengawas nuklir mengatakan kerusakan di reaktor no.3 itu terdeteksi dengan berbunyinya alarm tanda bahaya, Jumat sore (5/4). Petugas tengah menyelidiki penyebab kerusakan tersebut.

Seorang jurubicara operator pembangkit Fukushima mengatakan sistem pendingin dapat dimatikan selama dua minggu sebelum suhu mendekati tingkat berbahaya.

Pembangkit Daiichi Fukushima mengalami beberapa kali kerusakan pasca hantaman tsunami bulan Maret 2011. Pembangkit itu sedang dihentikan, tetapi terus bermasalah.

Bulan lalu, pemadaman listrik menyebabkan sistem pendingin tidak berfungsi selama dua hari.
XS
SM
MD
LG