Tautan-tautan Akses

Siprus Tetap Bergabung dalam Zona Euro


Presiden Siprus, Nicos Anastasiades menegaskan di Nicosia, bahwa Siprus tidak akan keluar dari zona euro hari Jumat (29/3).

Presiden Siprus, Nicos Anastasiades menegaskan di Nicosia, bahwa Siprus tidak akan keluar dari zona euro hari Jumat (29/3).

Presiden Siprus menyatakan hari Jumat (29/3) negaranya tidak akan keluar dari persatuan ke-17 negara anggota zona euro.

Presiden Siprus, Nicos Anastasiades hari Jumat dalam sebuah konferensi pegawai negeri di ibukota, Nicosia, mengatakan bahwa Siprus tidak berniat keluar dari zona euro, tetapi Siprus harus membuat pengorbanan untuk memulihkan ekonominya yang dililit utang.

Bank sentral Siprus telah mengakhiri semua ketentuan yang membatasi penggunaan kartu kredit dan debit dalam negeri.

Bank-bank Siprus hari Kamis dibuka kembali setelah tutup selama hampir dua pekan sementara pemerintah menegosiasikan dana talangan 13 miliar dolar dari negara-negara tetangganya di Eropa, Bank Sentral Eropa dan Dana Moneter Internasional.

Sebagai bagian dari dana talangan itu, para deposan bank Siprus untuk pertama kalinya dalam penanganan krisis utang tiga-tahun di Eropa, terpaksa memikul sebagian biaya rencana penyelamatan yang bertujuan membuat negara itu mampu membayar utangnya.

Siprus telah bersedia menyita kurang lebih 40 persen dari akun-akun diatas 130 ribu dolar yang tidak diasuransikan untuk membantu membiayai dana talangan tersebut.

Kesepakatan itu juga mengharuskan restrukturisasi Bank of Cyprus, bank terbesar di negara pulau itu. Bank itu juga akan mengambil alih sebagian aset bank terbesar kedua Siprus, Cyprus Popular yang juga dikenal sebagai Laiki, yang kini ditutup.
XS
SM
MD
LG