Tautan-tautan Akses

Siprus Cari Dana untuk Hindari Gagal Bayar Utang


Presiden Siprus Nicos Anastasiades (tengah) bertemu para pemimpin partai dan pejabat keuangan membahas krisis finansial negara itu (20/3).

Presiden Siprus Nicos Anastasiades (tengah) bertemu para pemimpin partai dan pejabat keuangan membahas krisis finansial negara itu (20/3).

Para pemimpin Siprus hari Kamis bergegas untuk menggalang dana 7.5 miliar dolar guna menghindari kegagalan membayar utang.

Bank Sentral Eropa telah memperingatkan pemerintah Siprus, pihaknya akan menghentikan pemberian dana darurat hari Senin jika Siprus tidak dapat menyelesaikan krisis finansialnya.

Di Moskow, para pejabat keuangan Siprus melanjutkan perundingan dengan para pemimpin Rusia mengenai kemungkinan mendapatkan dana baru.

Sementara itu di Nicosia, ibukota Siprus, para pejabat membahas restrukturisasi bank-bank negara itu yang dililit utang dan penggalangan dana dari sumber-sumber dalam negeri, seperti dana pensiun dan dari cabang bank-bank asing yang beroperasi di negara pulau tersebut.

Beberapa legislator menyatakan telah meninggalkan gagasan memungut pajak terhadap deposito bank, langkah kontroversial yang merupakan bagian dari dana talangan 13 miliar untuk Siprus yang telah disetujui para kreditor internasional negara itu. Setelah para nasabah memprotes rencana pajak tersebut, parlemen Siprus dengan suara besar menolak langkah tersebut pekan ini.

Tetapi dengan tindakan semacam itu, para pemimpin Siprus dihadapkan pada upaya mencari cara-cara lain untuk memastikan dana darurat dari Dana Moneter Internasional, bank sentral Eropa dan tetangga-tetangga Siprus yang termasuk blok mata uang Eropa yang beranggotakan 17 negara itu.
XS
SM
MD
LG