Tautan-tautan Akses

Siprus Batasi Aliran Uang di Zona Euro


Para nasabah Bank Siprus menggunakan ATM di ibukota Nicosia (27/3). Siprus membatasi jumlah transfer uang nasabah dari Siprus ke negara lain.

Para nasabah Bank Siprus menggunakan ATM di ibukota Nicosia (27/3). Siprus membatasi jumlah transfer uang nasabah dari Siprus ke negara lain.

Pemerintah Siprus mengatakan para nasabah bank-bank Siprus dapat memindahkan uang mereka ke negara lain tidak lebih dari 3.831 dolar.

Siprus menerapkan peraturan yang belum pernah dilakukan sebelumnya terhadap para nasabah bank Siprus yang memindahkan uang mereka ke negara-negara zona Euro lain sementara negara itu tampaknya akan membuka kembali bank-bank-nya hari Kamis.

Menteri Keuangan Siprus Michael Sarris mengatakan, pengawasan itu diperlukan untuk memulihkan kepercayaan terhadap sistem perbankan negara pulau itu.

Siprus mengatakan para nasabah dapat memindahkan uang ke negara lain tidak lebih dari 3.831 dolar. Pembatasan itu dilakukan setelah negara anggota zona Euro itu mengamankan dana talangan 13 miliar dolar dari para kreditor internasional. Sebagai bagian dari kesepakatan itu, Siprus setuju untuk menyita 40 persen atau lebih akun-akun tidak berasuransi di atas 130 ribu dolar untuk membantu membayar usaha penyelamatan.

Bank-bank Siprus telah ditutup selama hampir dua pekan, dengan para nasabah menghadapi pembatasan jumlah uang yang dapat ditarik dari ATM, untuk mencegah penarikan besar-besaran. Batas penarikan harian akan meningkat dari 128 dolar menjadi 383 dolar.

Sementara itu, Presiden Direktur bank terbesar Siprus, Yiannis Kypri, telah dipecat dari jabatannya setelah tercapai kesepakatan dana talangan. Bank Sentral memecat Kypri setelah mengangkat administrator khusus untuk Bank Siprus.

Bank Siprus dipaksa melakukan restrukturisasi sesuai dengan syarat-syarat program dana talangan yang dicapai pekan ini dengan negara-negara Eropa, Bank Sentral Eropa, dan Dana Moneter Internasional. Beberapa ribu pemuda berdemo pekan ini di depan gedung parlemen memrotes syarat-syarat program dana talangan.
XS
SM
MD
LG