Tautan-tautan Akses

Sidang Kasus Pembunuhan Turis AS Dimulai di Bali


Heather Mack di kantor polisi di Denpasar, Agustus 2014.

Heather Mack di kantor polisi di Denpasar, Agustus 2014.

​Heather Mack, 19, dan pacarnya Tommy Schaefer, 21, keduanya dari Chicago, diadili secara terpisah di Pengadilan Denpasar, atas pembunuhan ibu Mack.

Sepasang turis Amerika menjalani persidangan di Denpasar, Rabu (14/1), atas dugaan pembunuhan ibu tersangka perempuan tahun lalu.

Jenazah Sheila von Wiese-Mack, 62, yang rusak ditemukan dalam koper di bagasi sebuah taksi di luar hotel mewah.

​Heather Mack, 19, dan pacarnya Tommy Schaefer, 21, keduanya dari Chicago, diadili secara terpisah di Pengadilan Denpasar, meski para hakim dan penuntutnya sama.

Jaksa penuntut menuduh mereka melakukan pembunuhan berencana, yang dapat diberikan hukuman mati. Mack dan Shaefer mengatakan mereka paham dengan tuntutan yang diajukan. Mereka akan melakukan pembelaan ketika sidang dilanjutkan minggu depan.

Mack sebelumnya mengatakan pada para penyelidik bahwa Schaefer memukul ibunya dalam sebuah pertengkaran, menurut pengacara mereka.

Keduanya ditahan pada 13 Agustus, tiga hari setelah mayat von Wiese-Mack ditemukan dalam taksi di St. Regis Bali Resort.

Dalam dakwaannya, para jaksa penuntut mengatakan pasangan itu merencanakan pembunuhan karena von Wiese-Mack tidak menyetujui hubungan mereka.

Jaksa mengatakan Mack, yang sedang hamil tujuh bulan, suatu kali mengusulkan Schaefer menyewa seseorang untuk membunuh ibunya dengan bayaran US$50.000 sebelum pergi ke Bali.

Mack dan ibunya tiba di Bali pada 4 Agustus dan tinggal di Kuta sebelum pindah ke St. Regis di Nusa Dua, tempat mereka berencana tinggal sampai 14 Agustus.

Schaefer tiba pada 12 Agustus dan tinggal di hotel yang sama di kamar yang dipesan Mack atas nama ibunya.

Para penuntut mengatakan hal itu membuat ibu Mack marah dan mengarah pada adu mulut di mana von Wiese-Mack, yang berkulit putih, memaki Schaefer menggunakan hinaan rasis. Schaefer berkulit hitam, sama dengan ayah Mack, James L. Mack, seorang komponis jazz dan musik klasik yang dihormati dan meninggal dunia pada 2006.

Mereka mengatakan bahwa Schaefer kemudian menghantamnya dengan gagang besi mangkuk buah.

Video kamera keamanan menunjukkan korban sebelumnya bertengkar dengan Schaefer di lobi hotel.

Dokumen jaksa mengatakan pasangan itu menyewa taksi dan meletakkan koper berisi mayat ke dalam bagasi dan mengatakan pada supir taksi bahwa mereka akan membereskan administrasi hotel dan akan kembali, namun tidak kunjung muncul. (AP)

XS
SM
MD
LG