Tautan-tautan Akses

AS

Shirley Temple, Mantan Artis Cilik Hollywood Legendaris Meninggal Dunia


Shirley Temple

Shirley Temple

Shirley Temple Black, artis anak-anak yang menghibur para pemirsa film Amerika pada era Great Depression tahun 1930-an, tutup usia dalam usia 85 tahun.

Menurut pernyataan yang dilansir keluarganya, Shirley Temple Black meninggal dunia karena sebab alami Senin larut malam di kediamannya di dekat San Francisco.

Sebagai artis cilik, Shirley Temple yang memiliki rambut keriting dan berlesung pipit, memukau Amerika dengan nyanyian dan tariannya dalam banyak film ceria. Ia menjadi ikon film Amerika terutama melalui lagu yang dinyanyikannya, On the Good Ship Lollipop dan tap dancing bersama dengan penari kulit hitam legendaris Bill “Bojangles” Robinson dalam The Little Colonel.

Ia menerima hadiah Academy Award khusus pada tahun 1934 berkat sumbangsihnya yang luar biasa bagi dunia hiburan. Temple pensiun dari dunia akting pada tahun 1949, dalam usia 21 tahun.

Ia kemudian menghilang dari sorotan publik selama beberapa tahun, menikahi suaminya yang kedua, Charles Black pada tahun 1959 dan mulai aktif di Partai Republik. Ia memulai karier keduanya sebagai diplomat pada tahun 1969, ketika Presiden Richard Nixon mengangkatnya sebagai delegasi Amerika untuk PBB. Ia kemudian menjabat sebagai Duta Besar Amerika untuk Ghana pada tahun 1970-an, dan Duta Besar untuk Cekoslowakia pada tahun 1989, sewaktu pemerintah komunis runtuh di Eropa Timur.
Suaminya, Charles Black, meninggal dunia tahun 2005.
XS
SM
MD
LG