Tautan-tautan Akses

Shaq, Iverson, Yao Pimpin Hall of Fame 2016


Mantan pemain NBA Yao Ming sedang diwawancara di Beijing (9/3).
Mantan pemain NBA Yao Ming sedang diwawancara di Beijing (9/3).

Mereka memimpin dalam daftar penghargaan 2016 Naismith Memorial Basketball Hall of Fame yang diumumkan Senin (4/4).

Shaquille O'Neal, Allen Iverson, Tom Izzo dan pionir bola basket modern Yao Ming dan Sheryl Swoopes memimpin dalam daftar penghargaan 2016 Naismith Memorial Basketball Hall of Fame yang diumumkan Senin (4/4).

Pemilik dan ketua Chicago Bulls selama bertahun-tahun, Jerry Reinsdorf, akan 'diabadikan' dan mendiang tokoh-tokoh yang diberi penghargaan adalah wasit NBA Darrell Garretson, John McLendon, yang merupakan pelatih Afrika Amerika profesional pertama dalam bola basket, serta mantan bintang bola basket Zelmo Beaty dan Cumberland Posey.

O'Neal adalah daya tak terhentikan sebagai mesin pencetak angka setinggi 2,1 meter yang bergelar NBA All-Star 15 kali itu. Ia mendapat penghargaan NBA Finals MVP (pemain paling bernilai dalam final) tiga kali, meraih empat gelar NBA dan merupakan NBA MVP tahun 2000. Ia merupakan salah satu bintang pertama yang tidak hanya mendapat banyak sponsor tapi juga menyeberang sebagai aktor.

Iverson merupakan pemain dengan angka rata-rata 26,7 poin meskipun 'hanya' setinggi 180 sentimeter. Bintang All-Star 11 kali itu antara lain meraih empat gelar angka dan menjadi NBA MVP tahun 2001, memimpin Sixers ke final NBA.

Izzo meraih gelar nasional di Michigan State tahun 2000, mengantarkan Spartans ke tujuh empat teratas final (Final Fours) dan meraih 524 kemenangan dalam karirnya sejak menjadi kepala pelatih di Michigan State tahun 1995.

Swoopes merupakan pemain pertama WNBA dan meraih tiga penghargaan MVP dan empat gelar WNBA atau liga bola basket putri.

Ming, pilihan keseluruhan nomor satu pada 2002 dari Houston Rockets dan memiliki tinggi badan 2,3 meter, itu dikenal juga karena membuka pintu untuk bintang-bintang internasional.

Karir Ming berakhir dini karena cedera kaki tapi ia memiliki angka rata-rata 19 poin, 9,2 rebound dan 1,9 blok per pertandingan dalam delapan musim, namun hanya bermain dalam lima pertandingan dalam dua musim terakhirnya.

Reinsdorf juga memiliki tim Chicago White Sox namun dikenal karena melambungkan Bulls menjadi pemenang konsisten dalam pemasangan Michael Jordan dan Phil Jackson. Bulls memenangkan enam kejuaraan NBA tahun 1990an.

Garretson merupakan wasit NBA selama 27 tahun dan menghabiskan 17 tahun sebagai kepala ofisial liga itu. [hd]

XS
SM
MD
LG