Tautan-tautan Akses

Setelah Menghilang, Konglomerat China Bepergian ke New York


Pengusaha China Guo Guangchang (Foto: dok.)

Pengusaha China Guo Guangchang (Foto: dok.)

Salah seorang pengusaha paling berpengaruh di China, yang menghilang sebentar dari hadapan publik di tengah desas-desus bahwa ia menjadi sasaran penyelidikan mengenai korupsi, telah hadir kembali di Amerika, demikian disampaikan oleh perusahaannya.

Guo Guangchang baru-baru ini melakukan perjalanan bisnis ke New York, sebut Fosun Group melalui sebuah akun media sosial hari Jumat. Ditambahkan, Guo kemudian akan berpergian ke Kanada dan Bahama.

Para pejabat perusahaan itu pekan lalu mengatakan mereka sempat kehilangan kontak dengan milyuner itu, sehingga memicu kekhawatiran investor bahwa ia sedang menjadi sasaran gerakan antikorupsi pemerintah China yang ketat.

Mereka menghentikan sebentar perdagangan saham perusahaan itu, tetapi kemudian mengatakan bahwa Guo hanya “membantu” pihak berwenang dalam suatu penyelidikan korupsi.

Namun pernyataan itu gagal menghilangkan kekhawatiran investor, karena para pejabat kerap ditahan secara sewenang-wenang dalam penyelidikan semacam itu, dan kerap kali menghadapi tuduhan. [uh]

XS
SM
MD
LG