Tautan-tautan Akses

Setelah Iowa, Kampanye Presiden AS Kini ke New Hampshire


Kandidat capres dari Partai Republik Ted Cruz dari Texas di Des Moines, Iowa, 1 Februari 2016.

Kandidat capres dari Partai Republik Ted Cruz dari Texas di Des Moines, Iowa, 1 Februari 2016.

Cruz mendapatkan dukungan kuat dari kelompok Evangelis-Kristen dan sebuah organisasi kampanye yang lebih kuat untuk mengalahkan tokoh real-estate flamboyan Donald Trump, yang untuk pertama kalinya berhadapan dengan para pemilih setelah memimpin sejumlah survei pemilu selama beberapa bulan.

Pemilihan pendahuluan di New Hampshire dijadwalkan berlangsung Selasa mendatang (9/2). Tidak seperti di Iowa, beberapa analis mengatakan para pemilih Partai Republik kurang relijius dibanding kelompok pemilih yang mendorong kemenangkan Cruz di Iowa, dengan selisih 28 banding 24 persen atas bilyuner Donald Trump. Tokoh konservatif lain yang juga senator dari negara bagian Florida, Marco Rubio, berada di tempat ketiga dengan perolehan suara 23%.

Beberapa jajak pendapat menjelang pemilihan pendahuluan di New Hampshire menunjukkan Trump akan memimpin perolehan suara, tetapi jajak pendapat itu dilaksanakan sebelum kaukus Iowa dimana Trump mengklaim akan menjadi pemenang.

Survei pemilih Partai Demokrat di New Hampshire menunjukkan Bernie Sanders, yang mewakili Vermont, akan unggul dengan perbedaan suara sangat besar atas mantan menteri luar negeri Hillary Clinton. [em/ii]

XS
SM
MD
LG