Tautan-tautan Akses

AS

2 Anak Tewas, Komisi Konsumen Beri Peringatan mengenai Lemari Ikea

  • Associated Press

Toko furnitur Ikea

Toko furnitur Ikea

Setelah lemari Ikea jatuh menimpa dua anak kecil hingga tewas, otoritas keselamatan konsumen AS menyerukan agar orang berhenti menggunakan lemari berlaci dari Ikea kecuali bila produk tersebut dipasang ke dinding dengan pelengkap keselamatan.

Perusahaan raksasa mebel dari Swedia ini menawarkan perangkat yang dibutuhkan oleh konsumen untuk memasang lemari berlaci tersebut ke dinding. Pelengkap keselamatan tersebut akan tersedia bagi konsumen yang membeli 27 juta lemari dengan tinggi melebihi ukuran tertentu, termasuk 7 juta lemari berlaci model Malm Ikea.

Baik Ikea maupun Komisi Keselamatan Produk Konsumen AS (CPSC) mengatakan perabot tersebut tidak dapat digunakan dekat anak-anak bila tidak dipasang ke dinding.

Ikea dan CPSC mengatakan kedua anak, dua-duanya laki-laki berusia 2 tahun, tewas tahun lalu setelah lemari berlaci Malm yang tidak dipasang ke dinding terjungkir dan jatuh di atas kedua anak itu. Komisi tersebut dan Ikea mengatakan mereka menerima 14 laporan tentang lemari Malm yang terbalik, mengakibatkan empat anak cidera. Ikea mengetahui tiga kasus kematian yang dilaporkan disebabkan lemari model lain yang terbalik. Kasus-kasus kematian itu dilaporkan terjadi tahun 1989.

Ikea mengatakan konsumen tidak seharusnya menggunakan lemari anak-anak Ikea yang lebih tinggi dari 58 centimeter dan lemari orang dewasa yang lebih tinggi dari 73 centimeter tanpa dijangkarkan ke dinding.

Ikea dan CPSC mengatakan seorang anak laki-laki berusia 2 tahun di West Chester, Pennsylvania, karena terjepit setelah lemari Malm dengan enam laci jatuh di atasnya, dan seorang anak laki-laki berusia 23 bulan dari Snohomish, Washington, meninggal dunia setelah terperangkap lemari Malm dengan tiga laci ketika lemari tersebut jatuh di atasnya.

Lemari berlaci Malm sudah dijual sejak 2002, dengan harga $80-$200 (Rp 1-2,6 juta). Ikea mengatakan produknya aman bila dipasang sesuai dengan petunjuk.

XS
SM
MD
LG