Tautan-tautan Akses

Setelah Debat Puluhan Tahun, Uni Eropa Terapkan Paten Bersama


Setelah perdebatan selama hampir empat dasawarsa, Uni eropa menerapkan hak paten bersama bagi ke-27 negara anggotanya, Selasa (11/12).

Setelah perdebatan selama hampir empat dasawarsa, Uni eropa menerapkan hak paten bersama bagi ke-27 negara anggotanya, Selasa (11/12).

Parlemen Eropa menetapkan paten tunggal Uni Eropa, Selasa (11/12) setelah 25 negara anggota setuju untuk mengganti sistem lama yang mengajukan perlindungan paten secara terpisah di negara masing-masing.

Uni Eropa menerapkan paten bersama bagi blok beranggotakan 27 negara itu, setelah perdebatan mengenai hal tersebut selama hampir empat dasawarsa.

Parlemen Eropa menetapkan paten tunggal itu Selasa (11/12), setelah 25 negara setuju untuk mengganti sistem lama di mana pengusaha mengajukan perlindungan paten secara terpisah di masing-masing negara.

Spanyol dan Italia memprotes penerapan paten tunggal itu karena dokumen-dokuman hanya akan dikeluarkan dalam tiga bahasa, Inggris, Perancis dan Jerman. Tetapi dewan penasihat hukum Uni Eropa menolak keberatan Italia dan Spanyol di Mahkamah Eropa.

Sekarang ini, 60 ribu paten yang dikeluarkan di seantero Eropa setiap tahun dapat membuat pengusaha mengeluarkan biaya lebih dari 25 ribu dolar, dua per tiganya untuk menerjemahkannya ke berbagai bahasa. Pada waktu paten bersama diberlakukan pada tahun 2014 mendatang, Uni Eropa menyatakan bahwa biayanya bisa ditekan hingga 6.400 dolar.
XS
SM
MD
LG