Tautan-tautan Akses

Serikat Perdagangan Belgia Luncurkan Mogok Nasional


Demonstrasi buruh di Brussels, Belgia, untuk memprotes langkah penghematan pemerintah. (Foto: Dok)

Demonstrasi buruh di Brussels, Belgia, untuk memprotes langkah penghematan pemerintah. (Foto: Dok)

Para pekerja memprotes rencana-rencana oleh pemerintah untuk meningkatkan umur pensiun dari 65 menjadi 67, tidak menaikkan upah dan memotong layanan publik.

Serikat perdagangan Belgia menyerukan para pekerja di seluruh negeri untuk berpartisipasi dalam mogok nasional sehari penuh untuk memprotes kebijakan penghematan pemerintah.

Mogok dimulai Minggu malam di bandar-bandar udara dan stasiun-stasiun kereta api. Hal ini mengancam penghentian layanan bus dan metro, dan berdampak pada sekolah, usaha, pabrik dan kantor pemerintah Senin (15/12).

Seorang juru bicara bandar udara Brussels mengatakan 600 penerbangan telah dibatalkan, mempengaruhi 50.000 penumpang.

Para pekerja memprotes rencana-rencana oleh pemerintah baru yang beraliran kanan tengah untuk meningkatkan umur pensiun dari 65 menjadi 67, tidak menaikkan upah dan memotong layanan publik.

Pemerintah mengatakan harus memberlakukan langkah-langkah penghematan untuk membuat defisit anggaran sejalan dengan persyaratan-persyaratan Uni Eropa. Pemerintah juga bersikeras sektor bisnis perlu lebih banyak pengurangan pajak untuk bersaing dengan pasar global.

Serikat-serikat perdagangan menolak rencana-rencana tersebut, mengatakan hal itu meremehkan konsep Belgia sebagai negara kesejahteraan.

Serangkaian aksi buruh dimulai bulan lalu dengan demonstrasi di Brussels yang menarik setidaknya 100.000 pekerja.

XS
SM
MD
LG