Tautan-tautan Akses

Serikat Pekerja Tambang Afsel Imbau Waspadai Oportunis


Para pekerja tambang Afsel di tambang Gold One International sebelah timur Johannesburg melakukan aksi unjuk rasa (3/9).

Para pekerja tambang Afsel di tambang Gold One International sebelah timur Johannesburg melakukan aksi unjuk rasa (3/9).

Serikat pekerja tambang Afrika Selatan mendesak pekerja untuk waspada terhadap apa yang disebutnya “oportunis” yang berusaha mengeksploitasi kerusuhan baru-baru ini.

Pemogokan oleh para penambang telah meluas ke pelosok negara itu sejak 16 Agustus, ketika polisi menembak dan menewaskan 34 orang selama bentrokan di tambang platina di kota Marikana.

Sekjen Serikat Pekerja Tambang Nasional itu mengatakan siapapun yang berusaha menghasut keributan bisa dianggap “melakukan sabotase ekonomi” mengingat pentingnya sektor pertambangan bagi perekonomian .

Frans Baleni, yang berbicara kepada wartawan di Johannesburg hari Selasa tidak menyebut nama tertentu.

Mantan pemimpin pemuda yang kontroversial dari Partai Kongres Nasional Afrika/ANC , Julius Malema, bulan lalu mendorong pekerja tambang yang mogok untuk menjadikan industri pertambangan itu “tidak bisa diatur pemerintah”.

Malema dikeluarkan dari ANC awal tahun ini karena komentar-komentar sebelumnya yang membuat marah para pemimpin partai.
XS
SM
MD
LG