Tautan-tautan Akses

Serikat Buruh Portugal Lancarkan Pemogokan Umum


PM Portugal Pedro Passos Coelho yang memenangkan pemilu bulan Juni, harus menghadapi aksi mogok besar-besaran.

PM Portugal Pedro Passos Coelho yang memenangkan pemilu bulan Juni, harus menghadapi aksi mogok besar-besaran.

Para pekerja Portugal melancarkan pemogokan umum hari ini untuk memrotes langkah penghematan ketat pemerintah yang dikenakan oleh Uni Eropa.

Dua serikat buruh terbesar negara itu yang mewakili lebih dari sejuta pekerja berencana mengadakan lebih dari 30 pawai. Pemogokan itu diperkirakan akan menghentikan angkutan dan pelayanan umum lain, termasuk sekolah dan rumah sakit, di seluruh negara itu. Beberapa penerbangan internasional mungkin terpaksa harus dibatalkan.

Serikat-serikat buruh telah mendesak para pekerja agar mogok atas langkah-langkah yang mencakup kenaikan pajak dan pemotongan bonus dan hari libur pegawai negeri.

Portugal harus memenuhi persyaratan Uni Eropa untuk memperoleh dana talangan internasional 104 milyar dolar untuk menolongnya dari krisis ekonomi paling buruk dalam puluhan tahun.

Pemerintahan Perdana Menteri Pedro Passos Coelho yang berhaluan tengah, yang meraih kekuasaan bulan Juni, dan partai Sosialis yang beroposisi telah menyetujui persyaratan dana talangan itu. Tetapi, pemotongan pengeluaran yang direncanakan, bersama penurunan taraf hidup dan pengangguran tinggi, telah menimbulkan kemarahan di negara berpenduduk 11 juta orang itu.

Portugal adalah negara ketiga di zona euro yang memohon dana talangan, setelah Yunani dan Irlandia. Ekonominya akan menciut kira-kira 3 persen tahun depan.

XS
SM
MD
LG